Pengelolaan hotel dengan system jaringan atau International Chain Hotel Management Company dari berbagai penjuru dunia yang beroperasi di Indonesia sepertl Hyatt, Mandarin, Hilton, Intercontinental, Accor, Aston, Alila, Swissbelhotel, Bestwestern, Tauzia, Core International, etc.
Pengelolaan hotel dalam negeri atau National Hotel Chain Company misalnya Sahid Group, Santika Group, Bidakara Group, Horison Group, Singgasana Hotels (Sultan), Aryaduta, Jayakarta, Sofyan Group, Kagum Group yang beroperasi di kota Bandung dan masih banyak lagi.
Setiap perusahaan pengelola hotel memiliki brand hotel sendiri-sendiri yang sudah dilindungi undang-undang apabila ada pemilik hotel yang menginginkan penggunaan brand atau merek atau nama hotel tersebut maka pemilik hotel akan dikenakan biaya royalti dan penggunaan brand hotel atau merek hotel tidak dimungkinkan tanpa adanya pengelolaan dari pemilik merek sehingga antara brand dan pengelolaan adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan atau satu paket sehingga pemilik akan dikenakan lagi biaya pengelolaan yaitu:
- Base management fee  yang diambil sekian persen dari total hotel revenue.
- Incentive fee yang diambil sekian persen dari Gross Operating Profit (GOP) atau revenue dikurangi biaya operasional.
- Fee marketing dan masih banyak fee-fee lainnya.


Ada beberapa keuntungan yang diperoleh oleh pemilik hotel jika hotelnya bergabung atau dikelola oleh perusahaan Chain Hotel diantaranya:

- Brand hotel atau merek hotel atau nama hotel sudah familiar.
- Standarisasi baik dari segi fisik maupun management.
- Standarisasi sistem pelayanan.
- Sistem pemasaran yang terpadu dan masih banyak lagi.














Namun keuntungan-keuntungan yang ada jika bergabung dengan Chain Hotel pun mungkin lebih sulit untuk didapatkan karena masih diperlukan kerja keras yang cukup lama untuk membangun sebuah nama besar atau kredibilitas yang tentunya harus didukung dengan komitment dan konsistensi yang baik dalam jangka panjang.
Dan tentunya pemilik hotel masih harus mencari atau ada orang yang dapat dipercaya dan mampu menganalisa hasil kerja dari Chain Hotel Operator tersebut yaitu expertise selevel dengan Hotel Management Consultant.